KKN Tematik Membangun Negeri di Hunian Tetap Masyarakat Penyintas Erupsi Gunung Semeru Fakultas Teknologi Industri

KKN Tematik Membangun Negeri di Hunian Tetap Masyarakat Penyintas Erupsi Gunung Semeru Fakultas Teknologi Industri

Kabar Fakultas , Kuliah Kerja Nyata , Pendidikan dan Suasana Akademik , Aktivitas dan Pencapaian SDGs 21 April 2024 Dilihat 90 kali

KKN Tematik Membangun Negeri di Hunian Tetap Masyarakat Penyintas Erupsi Gunung Semeru Fakultas Teknologi Industri

Program Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu bentuk pendidikan dalam bentuk pengabdian kepada masyarakat. Dalam pengabdian ini mahasiswa diberikan pengalaman belajar untuk hidup di tengah-tengah masyarakat di luar kampus dan secara langsung mengidentifikasi serta menangani masalah-masalah pembangunan yang dihadapi.

KKN Tematik Membangun Negeri

KKN Tematik Membangun Negeri kembali hadir di tengah masyarakat yang membutuhkan. Kali ini, program pengabdian mahasiswa Universitas Jayabaya menyasar ke Hunian Tetap (Huntap) masyarakat penyintas erupsi Gunung Semeru di Desa Sumber Mujur, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang berlangsung pada 12 - 25 November 2023.

Di bawah bimbingan dosen pembimbing lapangan (DPL), para mahasiswa KKN Tematik Membangun Negeri ini bertekad untuk membantu masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan, seperti pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi.

Kegiatan KKN di Desa Sumber Mujur

Adapun agenda dalam kegiatan ini adalah pelatihan Redi-Edu, yaitu pelatihan pembuatan tungku. Tungku adalah alat atau instalasi yang dirancang sebagai tempat pembakaran sehingga bahan bakar dapat digunakan untuk memanaskan sesuatu. Melimpahnya pasir yang ada di daerah sini kurang bisa dimanfaatkan dengan baik. Sementara kebutuhan memasak warga banyak menggunakan kompor gas, sehingga kebutuhan ekonomi cukup memberatkan.

Untuk mengatasi dua permasalahan tersebut maka Tim KKN memberikan bidang pelatihan dengan menggunakan pasir dan semen untuk pembuatan tungku. Dengan demikian dapat mengurangi permasalahan dan bisa membuka pekerjaan baru bagi para warga. Pelatihan pembuatan tungku ini sangat diminati oleh masyarakat hunian tetap.

Kemudian, agenda selanjutnya pelatihan pembuatan aquaponik dan hidroponik. Sistem hidroponik adalah salah satu metode yang digunakan untuk menanam berbagai bentuk tanaman tanpa menggunakan tanah dan hanya mengandalkan media air yang telah dicampur dengan larutan mineral dan nutrisi lainnya. Beberapa jenis nutrisi yang dipakai untuk tanaman yang ditanam secara hidroponik adalah seperti menggunakan pupuk yang berasal dari hewani atau menggunakan pupuk kimia seperti urea yang telah dilarutkan.

Sistem ini cocok untuk masyarakat Huntap Sumber Mujur dalam memanfaatkan lahan berlebih yang mereka miliki disetiap rumahnya, sehingga mungkin dapat menjadi ide pemasukan tambahan ataupun konsumsi pribadi.

Lalu, ada pula pelatihan kerajinan bambu dan pelatihan batako. Semua pelatihan ini dilakukan untuk memberdayakan sumber daya yang ada untuk mendukung kesejahteraan masyarakat Huntap Sumber Mujur. 

Selain itu, melalui KKN ini diharapkan mahasiswa mengaktualisasikan disiplin ilmu yang masih dalam tataran teoritis dengan bentuk pengabdian dan pendampingan langsung kepada masyarakat, di samping penelitian yang dilakukan sebagai usaha pengmbangan ilmu yang didapat sebelumnya.

Share:
Info