Hari Raya Idul Adha adalah hari raya besar umat Islam, yang jatuh pada tanggal 10 Dzulhijah 1442 H. Disamping Idul Adha dinamakan hari raya haji, juga dinamakan “Idul Qurban”, karena pada hari itu Allah memberi kesempatan kepada kita untuk lebih mendekatkan diri kepada-Nya. Bagi umat muslim yang belum mampu mengerjakan perjalanan haji, maka ia diberi kesempatan untuk berkurban, yaitu dengan menyembelih hewan qurban sebagai simbol ketakwaan dan kecintaan kita kepada Alloh Subhanahu Wa Ta’ala. Disebutkan dalam (QS al-Hajj, 22:37) bahwa, “daging daging qurban dan darahnya itu sekali kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Alloh Subhanahu Wa Ta’ala, tetapi ketaqwaanmulah yang dapat mencapainya”. Pada Pelaksanaan Pemotongan hewan Qurban ini dibuka terlebih dahulu dengan laporan dari ketua panitia serta Ketua BAZNAS Kota Depok Bapak KH. Encep Hidayat, MA. Dengan mengusung Tema pelaksanaan qurban tahun 2021 (11 Dzulhijjah 1442 H); “SEMBELIH, Semangat Berkurban dengan Melatih Keikhlasan”

 

Pelaksanaan kegiatan pemotongan qurban sapi dan kambing di Hari Raya Haji atau Iedul Adha pada tanggal 11 Dzulhijjah 1442H atau 21 Juli 2021 sesuai Surat Tugas Dekan FTIUJ nomor 71. 008/SRT.TGS/DEKAN/FTI-UJ/V/2021, tanggal 27 Mei 2021 tentang Panitia Pelaksanaan Pemotongan Hewan Qurban 1442 H di Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya, dimana panitia yang sudah ditetapkan akan melaksanakan kegiatan pemotongan qurban sapi sebanyak 4 ekor dan domba sebanyak 2 ekor. Yang menjadi mitra dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah Baznas Kota Depok Penyembelihan hewan qurban dan pemotongan/pencacahan daging qurban oleh pihak Baznas Kota Depok 1442H/2021M menerapkan protokol Covid-19 dengan tetap memakai masker dan memakai sarung tangan untuk menjaga kebersihan daging Qurban Idul Adha

 

Fakultas Teknologi Industri pada tahun ini melakukan pemotongan hewan Qurban sebanyak 4 ekor sapi dan 2 ekor kambing, yang mana 3 ekor sapi merupakan gabungan dari 21 Shohibul Qurban dari Dosen FTI-UJ dan Staf, sedangkan 1 ekor sapi merupakan sedekah dari Divisi Marketing FTI-UJ. Serta dua ekor kambing yang merupakan hewan qurban dari shohibul Qurban FTI-UJ. Pada tahun ini cukup banyak hewan Qurban yang di potong semoga bisa menambah keberkahan walaupun dimasa pandemi Covid-19.

Pemotongan Qurban untuk Idul Adha oleh Kampus

Sebanyak 4 ekor sapi menghasilkan 446 kg daging bersih (boneless) yang terdiri dari 243 paket masing-masing 1.5 kg (untuk 123 mustahiq/ panitia qurban 1442H dan 120 mustahiq bawaan dari para shogibul qurban), 21 paket masing-masing 5 kg (untuk 21 shohibul qurban), dan 40 paket masing-masing 1 kg yang akan didistribusikan oleh pihak Baznas Depok. Hal ini selaras dengan Misi FTI-UJ untuk terus memberi manfaat bagi masyarakat sekitar kampus bahkan masyarakat Indonesia.

Semoga dengan dilakukan pemotongan hewan Qurban ini dapat menambah ketaqwaan kita kepada Alloh Subhanahu Wa Ta’ala. Sungguh tiada balasan bagi kebaikan kecuali hanya kebaikan pula, maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan (QS. Ar-Rahman: 60-61).

 

author

FTI Jayabaya adalah sebuah fakultas mandiri dari Universitas Jayabaya. Kampus FTI Jayabaya adalah salah satu kampus dengan reputasi dan kurikulum teknik terbaik di daerah Jabodetabek. Saat ini telah cukup banyak lulusan Kampus FTI Jayabaya yang telah menjadi orang-orang berhasil dalam bidang industri dan wirausaha.

Leave a reply "PENYEMBELIHAN DAN PEMBAGIAN HEWAN QURBAN 1442 H OLEH KELUARGA BESAR FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI DI MASA DARURAT COVID-19"