Kuliah Umum T. Kimia FTI-UJ: “Technopreneurship Untuk Kemandirian Bangsa”

Seputar Kampus , Liputan/Berita 21 Desember 2017 Dilihat 43 kali

Kuliah Umum T. Kimia FTI-UJ: “Technopreneurship Untuk Kemandirian Bangsa”

Kuliah tamu technopreneurship diselenggarakan pada tanggal 25 November 2017 merupakan salah satu dari serangkaian agenda di Program Studi (Prodi) Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya. Kuliah tamu kali ini bertema “Technopreneurship Untuk Kemandirian Bangsa” dengan pembicara Prof. Dr. Ir. Mohammad Nasikin, M. Eng. Prof. Nasikin merupakan salah satu guru besar di Departemen Teknik Kimia Universitas Indonesia yang menghasilkan banyak paten. Salah satu paten tersebut adalah bahan aditif untuk minyak solar dan telah menjadi produk komersial sejak tahun 2006 dengan merek “BioPower”.

Pemaparan Materi Kuliah Tamu Oleh Prof.Dr.Ir. Muhammad Nasikin Selaku Pembicaraan

Peserta kuliah tamu technopreneurship terdiri dari dosen tetap dan mahasiswa Prodi Teknik Kimia. Acara ini secara simbolis dibuka oleh Ketua Prodi, Ferra Naidir, S.T.,M.Eng.,Ph.D. Antusias mahasiswa terlihat sejak dimulainya kuliah tamu sampai dengan selesai. Terbukti dengan banyaknya jumlah peseta yang hadir. Prof. Nasikin menyampaikan beberapa tips sehingga paten yang dihasilkan berpotensi menjadi bisnis. Salah satu yang terpenting adalah bagaimana seorang peneliti mampu mendeteksi kebutuhan manusia di sekelilingnya. Kemudian dia mencari solusi dan menuangkannya dalam sebuah karya ilmiah.

Pada akhir acara Prof. Nasikin mendorong para peserta untuk terus berkarya melalui kewirausahaan berbasis teknologi. Karena dengan demikian kemandirian bangsa Indonesia terhadap barang-barang impor akan berkurang.

Pemberian Cendramata Kepada Prof.Dr.Ir. Muhammad Nasikin Selaku Pembicara

Info