Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran

VISI

Pada tahun 2023 Program Studi Teknik Mesin Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya ingin menjadi program studi yang diakui secara nasional, memenuhi standar yang berlaku dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran, penelitan dan pengabdian masyarakat.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran di bidang Teknik Mesin,dengan didukung kurikulum, sumber daya manusia, sarana dan prasarana yang berkualitas guna menghasilkan lulusan yang mampu untuk beradaptasi terhadap lingkungan industri serta menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa.
  2. Meningkatkan kompetensi akademik dan profesi dosen melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat, pendidikan lanjut, pelatihan dan seminar.
  3. Meningkatkan kuantitas dan kualitas penelitian yang berbasis kepada pemanfaatan sumber energy yang terbarukan (Renewable Energy).
  4. Meningkatkan kompetensi tenaga non edukatif melalui pelatihan dan kursus di bidang administrasi dan teknologi informasi.
  5. Meningkatkan kompetensi mahasiswa, melalui proses magang di industri, kerja praktek, tugas elemen mesin, praktikum, kegiatan seminar dan tugas akhir,serta mengikut sertakan mahasiswa dalam penelitian dosen dan pengabdian masyarakat.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan jenjang Sarjana (S1) yang memiliki kompetensi :
    1. Rancang Bangun, Pengembangan dan Penelitian.
    2. Memiliki kemampuan untuk bekerja mandiri maupun bekerja secara tim yang berlatar belakang multi disiplin ilmu.
    3. Mengaplikasikan pengetahuan bidang keteknikan Mesin yang dikaitkan dengan kondisi sosial, ekonomi, budaya, lingkungan dan sumber daya, sehingga dapat digunakan oleh Masyarakat Industri dan diharapkan dapat memenuhi kebutuhan Nasional.
    4. Memiliki karakter manusia yang professional, yang berlandaskan kepada ilmu, iman dan taqwa.

  2. Mendorong sumber daya akademik di program studi untuk :
    1. Memiliki kemampuan dalam hal profesi di bidang akademik.
    2. Melakukan penelitian yang sesuai dengan bidang ilmu untuk dapat memenuhi kebutuhan masyarakat industri dan kebutuhan Nasional.
    3. Melakukan pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada penerapan iptek di bidang teknik Mesin.

    Memberikan pelayanan terbaik kepada setiap civitas akademika, baik di bidang akademik maupun non akademik .

SASARAN

  1. Penyelenggaraan pendidikan memiliki sasaran :
    1. Lama studi lulusan tepat waktu 4 (empat) tahun.
    2. Proporsi mahasiswa yang lulus pendidikan S1 tepat waktu 4 tahun sekurang-kurangnya 75 %. (Base line saat ini 51,50 %).
    3. Indeks Prestasi Kumulatif rata-rata 3,10 (Base line saat ini 3,00).
    4. Lulusan memiliki sertifikat pelatihan yang relevan dengan peningkatan dan pemantapan kompetensi (Diploma Supplement), sepert sertifikat TOEFL minimal score 450, dan sertifikat Autocad / CNC-CAD/CAM ).

  2. Penyelenggaraan penelitian memiliki sasaran :
    1. Setiap Dosen Tetap melakukan penelitian minimal satu judul setiap tahun.
    2. Pemanfaatan energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dan dunia Industri.

  3. Penyelenggaraan pengabdian pada masyarakat memiliki sasaran :
    1. Setiap Dosen Tetap melakukan kegiatan pengabdian masyarakat sekurang-kurangnya satu kegiatan setiap tahun. Kegiatan tersebut dapat dilakukan secara mandiri ataupun berkelompok.
    2. Dapat memberikan Rekayasa Teknik untuk pengembangan unit usaha dalam masyarakat maupun konsepsi pembinaan sosial, ekonomi, dan budaya masyarakat.

  4. Pembinaan sumberdaya akademik memiliki sasaran :
    1. Rasio Dosen Tetap dengan mahasiswa sekurang-kurangnya 1 : 25.
    2. Dosen Tetap berpendidikan terakhir pasca sarjana S3 minimal 40 % dari total Dosen Tetap, dan 60% Dosen Tetap berpendidikan pasca sarjana S2.
    3. Sekurang-kurangnya 15 % Dosen Tetap memiliki jabatan akademik Guru Besar.
    4. Dosen Tetap tersebar secara seimbang menurut kelompok-kelompok keilmuan yang tercakup dalam Program Studi.

  5. Pembinaan dan pengembangan sarana akademik meliputi :
    1. Rancangan Struktur Kurikulum pendidikan diarahkan kepada Kurikulum Inti (70,8 %) dan disempurnakan dengan penambahan muatan khusus / Kurikulum Institutional , (29,2%) yang relevan dengan kebutuhan pembangunan masyarakat Industri.
    2. Perpustakaan memiliki kapasitas yang mampu menyediakan literatur untuk semua kelompok ilmu Teknik, majalah, jurnal Nasional dan Internasional yang sesuai dengan bidang ilmu untuk memperluas wawasan.
    3. Laboratorium pendidikan yang disediakan untuk memenuhi tuntutan kurikulum dengan kualitas yang maksimal, dan dengan kapasitas yang cukup. Serta dapat dikembangkan fungsinya menjadi laboratorium penelitian dan pengabdian pada masyarakat.
    4. Ketersediaan ruangan kuliah dengan fasilitas pembelajaran yang memadai, sehingga mampu meningkatkan proses belajar mengajar yang lebih efektif.

  6. Sumber daya akademik penunjang seperti :
    1. Tersedianya staf administrasi akademik dan administrasi umum dalam jumlah yang memadai, serta mempunyai keahlian khusus yang sesuai dengan kebutuhan penugasan.
    2. Laboran yang cukup, baik kualitas maupun kuantitas.