Sejarah FTI Jayabaya

Awal Mula Pendirian Universitas Jayabaya

cara mengetahui sejarah Universitas Jayabaya

Doktor Muslim Taher, Pendiri Universitas Jayabaya

Kalau Teringat tentang nama Jayabaya, tentunya yang terpatri di memori kita pada saat pertama kali adalah tentang seorang Raja yang gagah nan Cerdik dari Kediri yang berhasil mempersatukan kerajaannya dengan perjuangannya yang sengit.

Selain seorang Raja yang gagah berani, Jayabaya juga adalah seorang pujangga besar dan ahli perbintangan yang salah satu karyanya terus dikenang sampai sekarang. Salah satunya adalah Ramalan besar untuk Nusantara yang disebut sebagai Ramalan Jayabaya.

Semangat ingin menjadi suatu Universitas yang dapat melahirkan para pemimpin negara dan juga para cendekiawan, akhirnya Universitas yang awalnya terletak di Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat ini dinamakan sebagai Universitas Jayabaya.

Universitas Jayabaya sendiri didirikan pada tahun 1958 oleh seorang pengusaha muda Yakni Bapak Muslim Taher yang kala itu masih berusia 24 tahun. Dengan semangat layaknya seorang Raja Jayabaya, beliau berhasil mendirikan Universitas yang terus dikenal sebagai universitas pencetak para pemimpin, ahli serta cendekiawan di Indonesia.

Dan dari awal mahasiswa yang hanya berkisar di jurusan Hukum dan Ekonomi itu, Universitas Jayabaya dengan segala reputasi alumnusnya yang luar biasa terus mendapatkan banyak dukungan dan gelombang mahasiswa yang bersemangat. Hingga akhirnya terus bertumbuh dengan memiliki banyak fakultas, salah satunya adalah Fakultas terbaik pencetak para engineer dan Manager muda di Indonesia yakni Fakultas Teknologi Industri Jayabaya (FTI-UJ).

Awal Mula Berdirinya Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya

Sejarah Universitas Jayabaya

Gedung Fakultas Teknologi Industri Jayabaya Dulu

Sejalan dengan perkembangan Universitas Jayabaya, secara bertahap fasilitas pendidikan dikembangkan terus. Tahun 1975 fasilitas praktikum dilaksanakan sendiri, pada tahun yang sama yaitu tahun 1975 telah pula diadakan peralatan untuk praktikum Ilmu Ukur Tanah dan Mekanika Tanah untuk Jurusan Teknik Sipil.

 

Pada tahun 1978 disediakan juga fasilitas Ruang Gambar. Dalam tahun 1983 dibangun gedung bertingkat 3 di Cimanggis (Jalan Raya Bogor) sebagai Kampus Fakultas Teknik lengkap dengan fasilitas laboratorium-laboratorium dan perpustakaan Fakultas, jumlah mahasiswa yang diasuh oleh Fakultas ini kurang lebih 600 orang dengan staf pengajar berjumlah 53 orang dengan 13 orang diantaranya berstatus dosen tetap dan staf administrasi berjumlah 7 orang.

Status Akreditasi

Pada tahun 1986 Fakultas Teknik Universitas Jayabaya dipecah menjadi Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan (FTSP) dan Fakultas Teknologi Industri (FTI) dan sejak itu FTSP berkembang lagi dengan bergabungnya Jurusan Sipil dan Jurusan Arsitektur pada tahun 1989 jurusan sipil mendapat status disamakan dan Jurusan Arsitektur mendapatkan status diakui berdasarkan SK Mendikbud No.0699/11/1989 tanggal 2 Nopember 1989. Program studi Teknik Sipil S1 dan Program studi Arsitektur mendapatkan status Akreditasi pertama tahun 1998 berdasarkan Surat Keputusan Badan Akeditasi Nasional Perguruan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 001/BAN-PT/AK-I/VIII/1998 tanggal 11 Agustus 1998 dan mendapatkan akreditasi kedua tahun 2004 untuk Program Studi Teknik Sipil berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 023/BAN-PT/Ak-VII/S1/VI/2004 tanggal 18 Juni 2004 dan Program Studi Arsitektur berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 037/BAN-PT/Ak-VII/S1/IX/2004 tanggal 6 September 2004

 

Pada gilirannya perkembangan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan mulai “menggeliat”, seiring dengan dibukanya Program lanjutan Sabtu-Minggu yang dimulai tahun ajaran 2001/2002 yang sampai tahun ajaran 2007/2008 sudah memasuki angkatan ke 21 dan telah meluluskan lebih dari 200 alumni yang tersebar di berbagai instansi baik Pemerintah maupun swasta di semua sektor pekerjaan. Dengan sistem perkuliahan yang dimodifikasi untuk memudahkan para mahasiswa yang nota bene para pekerja dalam beraktifitas maka Program perkuliahan lanjutan adalah solusi yang jitu bagi pekerja yang masih punya hasrat belajar untuk meneruskan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi tanpa harus repot mengganggu jadwal kerjanya.

FTI UJ : Kampus Teknik Mandiri Sejak Tahun 1987

Mau tau sejarah universitas kuliah kelas karyawan

Gedung Universitas FTI Jayabaya Sekarang

Karena begitu banyaknya mahasiswa yang berkuliah di Fakultas ini. Dan dengan adanya dorongan untuk dapat maju dan berkembang secara mandiri, maka pada tahun 1987 FTI Jayabaya mulai diberikan otonomi sendiri yakni gedung Fakultas Teknologi Industri di Daerah Jl. Raya Cimanggis.

Hal ini merupakan bukti keseriusan Universitas Jayabaya untuk menjadi yang terunggul, dan juga terbaik dalam mencetak kader-kader engineer ahli dan para pimpinan perusahaan. Karena dengan adanya kampus mandiri, FTI Jayabaya menjadi lebih mandiri dan leluasa dalam mengembangkan kurikulum dan metode pengajaran yang sesuai dengan dinamika zaman.

3 Jurusan Teknik Terbaik di Mulai Dari Jayabaya

FTI Jayabaya sejak dahulu dikenal sebagai rahim para engineer dan pemimpin perusahaan berbakat. Dengan tiga konsentrasi jurusan utama, yakni Teknik Elektro, Teknik Kimia dan Teknik Mesin.

Hal ini dibuktikan dengan sangat banyaknya lulusan Fakultas Teknologi Industri Jayabaya ini yang berhasil dalam karirnya di dunia Industri. Seperti  bekerja di Pertambangan Emas PT. Freeport, di pusat pengendalian chemical waste PPLI, Pabrik Makanan Manis Terbesar Pervetti Van Melle dan masih banyak lagi.

Fasilitas ketiga jurusan ini juga merupakan yang terlengkap jika dibandingkan dengan universitas swasta lainnya dengan ditambah tenaga pengajar fakultas teknologi Industri yang berasal dari kalangan intelektual atas (lulusan S2 dan S3). Menjadikan FTI Jayabaya sebagai kampus teknik yang sangat disegani dan dikenal.

Sejarah akan Tercetak Kembali di FTI Jayabaya

Dan sekarang dibawah kepemimpinan seorang Doktor di Bidang Kimia bernama Ibu Herliati. FTI Jayabaya bertekad untuk mencetak kembali para pemimpin perusahaan serta para tenaga ahli berkualitas yang mampu untuk meningkatkan harkat dan derajat bangsa di hadapan dunia internasional.

Hal ini dibuktikan dengan terobosan-terobosan dalam bidang pengajaran dan juga teknik praktikum yang memiliki ciri khas dan lain daripada kampus teknik lainnya.

author

FTI Jayabaya adalah sebuah fakultas mandiri dari Universitas Jayabaya. Kampus FTI Jayabaya adalah salah satu kampus dengan reputasi dan kurikulum teknik terbaik di daerah Jabodetabek. Saat ini telah cukup banyak lulusan Kampus FTI Jayabaya yang telah menjadi orang-orang berhasil dalam bidang industri dan wirausaha.

Leave a reply "Sejarah FTI Jayabaya"