Selamat Atas Prestasi Tim Elektro FTI-UJ Dalam Ajang Lomba Pejuang Inovasi Nasional (PIN) 2018

Pada hari Rabu, 05 September 2018 Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya mengirimkan 3 mahasiswa dari Teknik Elektro pada  ajang lomba di tingkat Nasional yaitu Lomba Pejuang Inovasi Nasional (PIN) 2018 di Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan.

Lomba PIN 2018 merupakan sebuah lomba yang memiliki tema “Inovasi Teknologi Mahasiswa dalam Optimalisasi Sumber Daya Lokal guna Mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) 2030” . Lomba PIN diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Elektro Institut Teknologi Kalimantan. Kompetisi ini ditunjukkan kepada mahasiswa se-Indonesia yang memiliki ide dan inovasi dalam pembangunan bangsa yang berkelanjutan. Ide dan inovasi tersebut dituangkan dalam bentuk Proposal Karya Tulis Ilmiah. Kompetisi ini memiliki beberapa tahap seleksi, mulai dari seleksi Abstrak, dan seleksi fullpapaer atau proposal karya ilmiah. Sub tema yang dilombakan antara lain : Pertanian, Internet of Things (IoT), energi baru dan terbarukan, maritim dan biomedical.

 

Dengan melalui beberapa tahap dan seleksi, Tim Elektro FTI Univ. Jayabaya berhasil meraih penghargaan dengan predikat Juara Harapan 1 atas alat inovasi yang dibuat oleh 3 mahasiswa dari Teknik Elektro yaitu: Renggo Mike Al ‘Azis (2017710250069), Raka Wahyu Pramudya (2017710250044) dan Agus Komarudin (2017710250071) yang masih kuliah di semester 2 dibawah bimbingan Dosen Mardiono, ST., MT dengan judul” Smart Kebun Yes, Polusi No (SKYPON)”.

Alat inovasi ini mampu melakukan penyiraman otomatis berdasarkan kelembaban tanah dan pemberian pupuk melalui internet berbasis ioT, Alat ini juga dapat memonitoring kondisi Udara di sekitar kebun menggunakan sensor MQ135 dan yang tak kalah menariknya dilengkapi panel sel surya yang dapat bergerak mengikuti arah matahari agar penyerapan sinarnya lebih optimal dalam mensuplai energy catu dayanya.

Alat Rancangan SKYPON ini juga memiliki atap yang dapat membuka pada kondisi tidak hujan dan akan menutup secara otomatis bila terjadi hujan menggunakan sensor pendeteksi hujan (rain sensor). Dalam Lomba PIN 2018 ini Tim Elektro Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya bersaing dengan  Universitas Negeri yang ada di Indonesia seperti ITS, Univ.Negeri Yogyakarta, dan Univ. Negeri Bangka Belitung.

Kamis, 06 September 2018 Grandfinal lomba PIN 2018 dimulai dengan tahap presentasi karya ilmiah dan alat inovasi. Tim FTI Univ.Jayabaya mendapatkan urutan pertama untuk memulai presentasi. Saat penjurian, mereka mendapatkan apresiasi dari dewan juri.  Salah satu dewan juri kemudian memberikan saran agar tim FTI Univ. Jayabaya harus mencoba Kompetisi Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS).

Kompetesi ini tentu saja memberikan pengalaman yang sangat berharga dan akan terus berusaha lebih keras lagi dalam menyiapkan kompetisi berikutnya. Atas support, doa dan bimbingan dari Pimpinan FTI-UJ khususnya khususnya Ketua Prodi Teknik Elektro serta Dosen pembimbing. FTI-UJ terus berkomitmen meningkatkan Prestasi sehingga Kami Bangga Menjadi Milik Bangsa.

author

FTI Jayabaya adalah sebuah fakultas mandiri dari Universitas Jayabaya. Kampus FTI Jayabaya adalah salah satu kampus dengan reputasi dan kurikulum teknik terbaik di daerah Jabodetabek. Saat ini telah cukup banyak lulusan Kampus FTI Jayabaya yang telah menjadi orang-orang berhasil dalam bidang industri dan wirausaha.

Leave a reply "Selamat Atas Prestasi Tim Elektro FTI-UJ Dalam Ajang Lomba Pejuang Inovasi Nasional (PIN) 2018"