Anugrah Paten dari Kemenkum RI Atas Penemuan Teknologi Sintesis Metil Ester Oleh Dr. Yeti (Staff dan Dosen Ahli FTI Jayabaya)

Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri (FTI-UJ) kembali mencatat prestasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) RI, memberikan hak Paten kepada Dr. Yeti Widyawati, ST., MT., dengan Judul invensi “SINTESIS METIL ESTER BERBASIS JARAK PAGAR (Jatropha Curcas L.) MENGGUNAKAN METODE PERMUKAAN RESPON”. Invensi ini berhubungan dengan metode esterifikasi pada pembuatan metil ester dan minyak jarak pagar menggunakan katalis zeolit dengan metode permukaan respon. Variabel penelitian pada tahap esterifikasi adalah konsentrasi metanol waktu reaksi, dan konsentrasi katalis. Perlindungan Paten ini diberikan kepada Dr. Yeti Widyawati¬† untuk selama 20 (duapuluh) tahun terhitung sejak tanggal penerimaan (07 September 2017).

Semoga prestasi ini diikuti oleh Dosen-dosen sejawat lainnya untuk semakin mengembangkan penelitian yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan masyarakat  serta mengajukan paten sebagai pengakuan dan perlindungan terhadap hasil-hasill penelitian.

author

FTI Jayabaya adalah sebuah fakultas mandiri dari Universitas Jayabaya. Kampus FTI Jayabaya adalah salah satu kampus dengan reputasi dan kurikulum teknik terbaik di daerah Jabodetabek. Saat ini telah cukup banyak lulusan Kampus FTI Jayabaya yang telah menjadi orang-orang berhasil dalam bidang industri dan wirausaha.

Leave a reply "Penganugrahan Paten Penemuan Sintesis Metil Ester Oleh Staff FTI Jayabaya"