Plus Minus Kuliah Teknik Kimia

Menjadi seorang mahasiswa kuliah kelas karyawan yang berprestasi

Erik Budiman Alumnus Jayabaya Jurusan Teknik Kimia. Sekarang Plant Manager Indolakto

Menjadi seorang mahasiswa dengan jurusan Teknik Kimia tentu memiliki nilai prestise tersendiri. Selain karena jurusan ini selalu memiliki lapangan pekerjaan, jurusan teknik kimia juga memiliki segudang nilai yang membuatnya unggul atau bahkan dijauhi oleh orang-orang.

Lho, kok bisa begitu ya? Sebab dalam jurusan teknik kimia kita tidak hanya akan belajar tentang kimia saja namun kesegala sisi dari kimia tersebut. Dari pengaruh fisikanya, perubahan-perubahannya, proses ekstraksi, proses termodinamika dan banyak sekali deh.

Tapi jurusan ini juga terkenal dengan perhitungan yang banyak dan juga rumus-rumus yang super panjang untuk dihafal ditambah lagi dengan serangkaian praktikum yang tidak boleh terlewatkan. Nah makanya sebelum sobat memilih jurusan ini ada baiknya sobat memperhatikan dulu beberapa nilai plus minus dari jurusan ini pada kehidupan sobat.

1 Segi Waktu

Dari segi waktu nanti, sobat akan lumayan tersita cukup banyak. Sebab jurusan teknik kimia membutuhkan konsentrasi yang lebih banyak dibandingkan dengan jurusan lainnya. Konsentrasi terhadap jurusan teknik kimia ini akan memaksa kamu untuk bisa nyuri-nyuri waktu belajar sambil kerja (Khusus karyawan) dan juga akan membuat kamu bulak balik bertanya dan baca buku untuk mengerti permasalah yang terjadi.

Jadi kalau kamu yang sukanya hang out di kampus sambil nongkrong sama kawan-kawan kayaknya jurusan ini kurang cocok sebab kebanyakan didepan waktu kamu akan habis untuk belajar dan mengerjakan tugas. Yah kecuali kamu punya basic yang kuat seperti lulusan sekolah analis kimia.

2 Segi Prospek Kerja

Kalau soal prospek kerja, Jurusan teknik kimia ini termasuk yang dicintai oleh banyak perusahaan lho.

Lowongan untuk jurusan ini hampir selalu bisa ditemukan dibanyak perusahaan manufaktur besar dan tentunya dengan gaji yang cukup besar pula. Malahan jurusan ini memiliki peluang yang cukup besar untuk lompat-lompat karir hingga menjadi manajer disebuah perusahaan karena begitu mendalamnya pola pikir dan juga keterampilan yang didapat dari kuliah di jurusan teknik kimia ini.

Oh iya selain bisa cepat kerja, dengan mengambil kuliah di jurusan Teknik Kimia kamu juga jadi mengerti rangkaian beragam proses pembuatan barang mentah atau raw material hingga menjadi barang jadi. Dari sana cukup banyak alumnus jurusan teknik kimia ini yang akhirnya memilih untuk berwira usaha dari keilmuan yang didapat dan cukup banyak juga lho yang berhasil.

3 Segi Tingkat Kesulitan

Tentunya setiap jurusan perkuliahan memiliki tingkat kesulitan tersendiri. Dan untuk jurusan teknik kimia ini, tingkat kesulitannya bisa dibilang ada di tingkat middle to High. Hal ini disebabkan dalam beberapa mata kuliah yang ada di jurusan ini akan memaksa kamu untuk mempelajari banyak rumus, ditambah aplikasinya dan juga lambang-lambang yang terkait di dalamnya.

Ilmu-ilmu seperti termodinamika, stokhiometri, kimia fisika adalah termasuk yang disebutkan tadi.

 

4 Segi Tugas

Untuk tugas, yah bisa dibilang relatiflah bagaimana dosen yang memberikan materi. Tapi pada dasarnya tugasnya sedikit, namun cara mengerjakannya yang panjang. Salah satu tugas yang paling menarik adalah tugas akhir kamu dimana kamu diminta untuk merancang sebuah pabrik, lengkap dengan tata letak dan juga peralatan dan juga reaksi kimia serta proses lainnya juga.

Tidak cukup sampai disana, kamu juga akan diharuskan menghitung nilai ekonomis dan juga sisi kelayakan pabrik tersebut dari aspek lingkungan wah pokoknya seru deh.

5 Segi Pola Pikir

Nah ini dia yang sangat unik dan tidak akan didapat di jurusan lain. Karena terbiasa berpikir secara lebih mendalam dan juga sistematis, anak-anak jurusan teknik kimia akan dikenal gesit dalam mencari solusi suatu permasalah dan menguraikannya.

Pola pikir mereka juga dapat ditandai dengan daya nalar yang tinggi terhadap suatu hal dan juga proses perangkaian suatu informasi terpisah hingga menjadi informasi utuh yang dapat dilihat gambaran besarnya. Mirip-mirip detektif namun lebih ke skala industri lah.

6 Segi Kecepatan

Untuk segi kecepatan yang dimaksud disini adalah kecepatan lulus ya. Yah bisa dibilang untuk kuliah di jurusan ini, jarang yang bisa lulus dengan cara mengambil semester pendek. Rata-rata kelulusan akan tepat waktu di angka 4 tahun, jarang ada anak teknik kimia yang skripsinya molor-molor soalnya mereka yang kuliah di jurusan ini akan diisi kesibukannya dan benaknya dengan pemecahan masalah teknik jadi ga sempat nongkrong-nongkrong. Hal ini membuat anak-anak jurusan ini kebanyakan dapat lulus tepat waktu.

Oh iya, dari data-data yang kami kumpulkan lewat berbagai sumber ditenggarai bahwa faktor utama yang memperlama seseorang lulus dari suatu jurusan bukan kepada sulitnya jurusan tersebut, namun lebih kepada tingkat keseriusan mahasiswa pada perkuliahan. Dan tenang aja, kalau di teknik kimia kamu pasti jadi serius dan sistematis, soalnya pola pikirnya memang di setting begitu

7 Segi Prestise

Untuk segi Prestise well, jurusan ini cukup disegani lho. Seriusan, coba deh kalau kamu ngumpul diantara sesama teman sekolah dulu dan cerita-cerita kalau kamu adalah seorang mahasiswa jurusan teknik kimia, teman-teman kamu pasti langsung salut dan berkata wih pinter banget!

Hehe.. bukan mau menyombongkan diri, tapi itulah keadaannya. Sebab mereka yang diluar jurusan teknik kimia pun sudah terbayang tentunya bagaimana ngerinya rumus dan perhitungan serta praktikum yang harus dilaksanakan demi menyelesaikan perkuliahan di jurusan teknik kimia ini. Makanya jurusan ini memiliki nilai prestise yang cukup tinggi.

Demikian pembahasan tentang plus minus jurusan teknik kimia. Mudah-mudahan dapat bermanfaat J

author

FTI Jayabaya adalah sebuah fakultas mandiri dari Universitas Jayabaya. Kampus FTI Jayabaya adalah salah satu kampus dengan reputasi dan kurikulum teknik terbaik di daerah Jabodetabek. Saat ini telah cukup banyak lulusan Kampus FTI Jayabaya yang telah menjadi orang-orang berhasil dalam bidang industri dan wirausaha.

Leave a reply "Plus Minus Kuliah Teknik Kimia"