Kuliah Umum T. Kimia FTI-UJ: “Technopreneurship Untuk Kemandirian Bangsa”

Kuliah tamu technopreneurship diselenggarakan pada tanggal 25 November 2017 merupakan salah satu dari serangkaian agenda di Program Studi (Prodi) Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya. Kuliah tamu kali ini bertema “Technopreneurship Untuk Kemandirian Bangsa” dengan pembicara Prof. Dr. Ir. Mohammad Nasikin, M. Eng. Prof. Nasikin merupakan salah satu guru besar di Departemen Teknik Kimia Universitas Indonesia yang menghasilkan banyak paten. Salah satu paten tersebut adalah bahan aditif untuk minyak solar dan telah menjadi produk komersial sejak tahun 2006 dengan merek “BioPower”.


P
emaparan Materi Kuliah Tamu Oleh Prof.Dr.Ir. Muhammad Nasikin Selaku Pembicaraan

Peserta kuliah tamu technopreneurship terdiri dari dosen tetap dan mahasiswa Prodi Teknik Kimia. Acara ini secara simbolis dibuka oleh Ketua Prodi, Ferra Naidir, S.T.,M.Eng.,Ph.D. Antusias mahasiswa terlihat sejak dimulainya kuliah tamu sampai dengan selesai. Terbukti dengan banyaknya jumlah peseta yang hadir. Prof. Nasikin menyampaikan beberapa tips sehingga paten yang dihasilkan berpotensi menjadi bisnis. Salah satu yang terpenting adalah bagaimana seorang peneliti mampu mendeteksi kebutuhan manusia di sekelilingnya. Kemudian dia mencari solusi dan menuangkannya dalam sebuah karya ilmiah.

Pada akhir acara Prof. Nasikin mendorong para peserta untuk terus berkarya melalui kewirausahaan berbasis teknologi. Karena dengan demikian kemandirian bangsa Indonesia terhadap barang-barang impor akan berkurang.


P
emberian Cendramata Kepada Prof.Dr.Ir. Muhammad Nasikin Selaku Pembicara
author

FTI Jayabaya adalah sebuah fakultas mandiri dari Universitas Jayabaya. Kampus FTI Jayabaya adalah salah satu kampus dengan reputasi dan kurikulum teknik terbaik di daerah Jabodetabek. Saat ini telah cukup banyak lulusan Kampus FTI Jayabaya yang telah menjadi orang-orang berhasil dalam bidang industri dan wirausaha.

Leave a reply "Kuliah Umum T. Kimia FTI-UJ: “Technopreneurship Untuk Kemandirian Bangsa”"