Sesi Photo Bersama dengan Dosen Tamu

Kuliah tamu yang diselenggarakan oleh Program Studi Teknik Kimia FTI-Universitas Jayabaya kali ini mengambil tema “Peran Sarjana Teknik Kimia Pada Safety Maritime Cargo” pada hari sabtu tanggal 21 Desember 2019 di Ruang D.22. Narasumber yang memberikan materi pada kegiatan ini berasal dari AMSAT INTERNATIONAL, sebuah perusahaan konsultan yang mengelola proyek-proyek kelautan dan maritim internasional serta menyediakan layanan peningkatan kapasitas teknis.

Pembicara pertama, Dr. Sugiarta Wirasantosa merupakan senior consultant di kantor perwakilan Indonesia. Dalam pemaparannya, beliau menjelaskan bahwa tujuan utama dari International Maritime Solid Bulk Cargoes (IMSBC) Code adalah untuk mengetahui bahaya utama pengiriman muatan curah padat yang terkait dengan kerusakan struktur kapal karena distribusi muatan tidak seimbang atau berkurangnya stabilitas atau karena reaksi kimia. Reaksi kimia dapat menyebabkan timbulnya panas tinggi dan berubahnya karakteristik muatan sementara guncangan saat kapal berlayar dapat menyebabkan terjadinya liquifikasi. Hal ini merupakan penyebab kapal menjadi tidak stabil.

Suasana Kuliah Tamu

Pembicara kedua, Dedy Zulkarnaen, S.T, merupakan project coordinator Solid Bulk Cargoes – Training & Testing Facility yang juga merupakan alumni angkatan 1994 mendemonstrasikan tentang cara memperoleh nilai TMB (Temporary Moisture Barrier) dari suatu bahan. Oleh karena itu, moisture content muatan padat perlu dijaga sampai pada batas TMB.

Simulasi Penentuan Nilai TMB

Kontributor : Mubi, 21 Desember 2019

author

FTI Jayabaya adalah sebuah fakultas mandiri dari Universitas Jayabaya. Kampus FTI Jayabaya adalah salah satu kampus dengan reputasi dan kurikulum teknik terbaik di daerah Jabodetabek. Saat ini telah cukup banyak lulusan Kampus FTI Jayabaya yang telah menjadi orang-orang berhasil dalam bidang industri dan wirausaha.

Leave a reply "Kuliah Tamu : Peran Lulusan Teknik Kimia Dalam Dunia Maritim"