Selasa 11 Februari 2020 Dosen Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya mengikuti workshop akreditasi BAN-PT 9 Kriteria, acara ini digagas oleh BKSTI Korwil DKI Jakarta bekerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Indonesia. Mengingat pentingnya pengetahuan mengenai 9 Kriteria yang baru dalam Akreditasi ini, maka FTI-UJ mengirim Dosennya untuk mempelajari tentang Kriteria akreditasi BAN-PT 9 Kriteria ini. Wokrshop ini diadakan di Aula Departemen Teknik Industri Universitas Jayabaya, peserta workshop ini terdiri dari beragam universitas, dari JABODETABEK bahkan sampai dari pulau Kalimantan dan Sumatra.

Pembicara Prof. Drs. T. Basaruddin, M.Sc, Ph.D ( Direktur Dewan Eksekutif BAN PT) sedang memaparkan materi

Prof. Drs. T. Basaruddin, M.Sc, Ph.D dalam workshop kali ini mengangkat materi tentang Akreditasi di Kampus Merdeka yang menjadi topic perbincangan dikalangan akademisi saat ini, dalam materinya Prof. Chan sapaan akrabnya menuturkan bahwa adanya perubahan yang sangat signifikan pada instrument yang baru saat ini, dahulu instrument yang lama berorientasi pada input sementara instrument yang baru menekankan pada proses output dan outcome, yang harus kita cermati bersama, dan adanya perubahan yang dahulu BAN-PT hanya meproses akreditas yang diusulkan oleh perguruan tinggi, tetapi saat ini BAN-PT bias lebih aktif dalam mengevaluasi Perguruan Tinggi sebelum masa berlaku akreditas habis, atau ada aduan dari masyarakat sehingga BAN-PT bias langsung melakukan evaluasi, karena BAN-PT yang mengeluarkan SK akreditas oleh karena itu tugasnya BAN-PT dalam melakukan pengawasan pada Pengguruan Tinggi.

Pembicara Prof Chan sedang memaparkan materi

Narasumber lain pada workshop kali ini yaitu Bapak Prof. Dr. Abdul Hakim Halim dari ITB, yang banyak memaparkan tentang Laporan Evaluasi Diri dan LKPS, Prof Hakim banyak membahas tentang bagaimana kita bias menyampaikan data dengan baik dan tidak lupa menjelaskan masing- masing kriteria dengan baik sehingga muncul siklus PDCA yang kita lakukan. Dalam menulis LED kita harus mengikuti peraturan BAN PT no 5 tahun 2019 yang memuat tentang intrumen akreditasi IAPS 4.0. Dari 9 kriteria yang ada kita harus mengikuti format yang sudah ada dalam menjabarkan  dari kesembilan kriteria tersebut, struktur penulisan harus diperhatikan, karena asesor memberikan penilaian berbasis pada uraian yang tertulis dalam LED dan LKPS yang disajikan.

Sesi Foto Bersama dengan Pembicara dan seluruh Peserta

Pada sesi terakhir dilakukan diskusi yang dipandu oleh ibu Dr. Amelia sebagai Kepala Departemen Teknik Industri UI, Beliau memaparkan LED yang pernah beliau buat untuk akreditas jurusan yang ada dibawah departemen teknik industri UI. Wokrshop ini sangat membantu dalam mempelajari instrument akreditasi yang baru, semoga dapat menambah wawasan Dosen FTI-UJ dalam memahami instruments akreditasi yang baru, sehingga dapat berdampak pada peningkatan akreditasi di institusi FTI-UJ. Semoga Prodi di FTI-UJ dapat terakreditas Unggul.

Kontributor : Dody Guntama

author

FTI Jayabaya adalah sebuah fakultas mandiri dari Universitas Jayabaya. Kampus FTI Jayabaya adalah salah satu kampus dengan reputasi dan kurikulum teknik terbaik di daerah Jabodetabek. Saat ini telah cukup banyak lulusan Kampus FTI Jayabaya yang telah menjadi orang-orang berhasil dalam bidang industri dan wirausaha.

Leave a reply "DOSEN FTI-UJ MENGIKUTI WORKHOP AKREDITASI BAN-PT"