Melaksanakan Salahsatu Tri Darma Perguruan Tinggi, Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya Selenggarakan Pengabdian Kepada Masyarakat yang bertemakan “Manajemen dan Pengolahan Limbah Penyamak Kulit Desa Sukaregang Kabupaten Garut”

Sebagai bentuk pelaksanaan Tri Darma Perguruan tinggi Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya Menyelenggarakan Pengabdian kepada Masyarakat bersama para Dosen dan juga diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari Fakultas Teknologi Industri. Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan di desa Sukaregang, Kecamatan Garutkota, Kabupaten Garut pada tanggal 30-31 Juli 2018.

Pada hari pertama pengabdian masyarakat diawali dengan kunjungan kesentra kerajinan kulit sukaregang, disini Dosen beserta mahasiswa melihat hasil dari kerajinan yang dihasilkan oleh penyamak dan pengerajin di desa Sukaregang, pada malam harinya dilakukan rapat koordinasi persiapan penyuluhan dimana masing- masing jurusan mempersiapkan materi yang akan disampaikan kepeserta pengabdian.

Acara FTI UJ di Garut

Pada hari kedua dilakukan penyuluhan tentang pengolahan limbah padat dan limbah cair, bahaya listrik dan keselamatan, serta identifikasi problem yang dihadapi oleh penyamak dan pengerajin saat ini. Peserta Pengabdian kepada Masyarakat terdiri dari penyamak, industri penyamakan kulit, serta pengerajin kulit yang berada disentra kulit Sukaregang.

Setelah melakukan penyuluhan Dosen dan mahasiswa juga berkesempatan untuk berkunjung ke PT.GMP untuk melihat proses penyamakan kulit dan melakukan identifikasi permasalahan yang ada diindustri penyamakan.

Pengabdian kepada Masyarakat Fakultas Teknologi Industri Universitas Jayabaya merupakan hasil kerjasama antara FTI Jayabaya dengan Asosiasi Penyamak Kulit Indonesia (APKI) DPD Garut beserta UPTD Pelayangan dan penyamakan Kulit Sukaregang. Pengabdian kepada Masyarakat ini tidak terhenti disini saja karena FTI Universitas Jayabaya telah melakukan MOU selama tiga tahun kepada pihak APKI untuk mengatasi permasalahan yang ada di sentra Industri Kulit Sukaregang Kabupaten Garut.

Semoga selama tiga tahun ini FTI Universitas Jayabaya dapat memberikan solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dimasyarakat Sukaregang, karena “Kami Bangga Menjadi Milik Bangsa”.

 

author

FTI Jayabaya adalah sebuah fakultas mandiri dari Universitas Jayabaya. Kampus FTI Jayabaya adalah salah satu kampus dengan reputasi dan kurikulum teknik terbaik di daerah Jabodetabek. Saat ini telah cukup banyak lulusan Kampus FTI Jayabaya yang telah menjadi orang-orang berhasil dalam bidang industri dan wirausaha.

Leave a reply "Aktifitas Pengabdian Pada Masyarakat di Garut oleh FTI Universitas Jayabaya"